Ternyata Cara Mandi Wajib Kita Selama Ini Salah, Beginilah yang Benar!


Nulis 44

Mandi wajib atau yang biasa dikenal dengan mandi junub adalah mandi yang dilakukan untuk menghilangkan hadas besar. Mandi wajib dilakukan karna beberapa sebab. Salah satunya adalah keluar mani saat mimpi basah. Allah Swt berfirman didalam Al-Qur’an surah Al-Maidah ayat 6 “Apabila kamu dalam keadaan junub maka bersucilah (mandi wajib)”. Nabi Muhammad Saw juga bersabda “Dari ‘Aisyah ra. berkata : Rasulullah Saw biasanya mandi karna empat hal : mandi wajib, mandi di hari jum’at, berbekam, dan memandikan mayit”. (HR. Abu Dawud). Namun apakah mandi wajib yang anda lakukan selama ini sudah benar dan sah ? Ternyata beginilah cara mandi wajib yang benar dan sah.

1. Niat

Nulis 44-1

Cara yang pertama dilakukan ketika mandi wajib ialah niat. Segala sesuatu itu tergantung dari niatnya. Oleh karna itu niat sangatlah penting. Niat mandi wajib yang benar adalah sebagai berikut “Nawaitul ghusla lirafil hadtsil akbari minal jannabati ‘an jamii’il badani fardu lillahi ta’ala”.

2. Istinja’

Nulis 44-2

Setelah berniat, cara yang kedua yang harus dilakukan yaitu istinja’. Ini dilakukan untuk membersihkan kubul dan dubur dari kotoran yang masih tertinggal. Adapun niatnya sebagai berikut “Nawaitu istinjai minal bauli fardu lillahi ta’ala”.

3. Berwudhu

Nulis 44-3

Setelah istinja’, langkah selanjutnya adalah berwudhu. Berwudhu dalam mandi wajib sama halnya dengan berwudhu ketika akan shalat. Niatnya yakni sebagai berikut “Nawaitu wudu’a lirail hadatsil asghari fardu lillahi ta’ala”.

4. Meratakan Air Keseluruh Permukaan Tubuh

Nulis 44-4

Dan yang terakhir adalah meratakan air keseluruh permukaan tubuh dimulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Disunnahkan juga untuk meratakan air melalui tubuh bagian kanan terlebih dahulu. Itulah cara mandi yang benar dan sah. Semoga dengan menerapkan langkah-langkah diatas mandi wajib kita diterima oleh Allah Swt dan kita kembali lagi menjadi orang yang suci. Amin-amin ya rabbal ‘alamin.

What's Your Reaction?
Bingung Bingung
0
Bingung
Sedih Sedih
0
Sedih
Ngagetin Ngagetin
0
Ngagetin
Keren Keren
0
Keren
Top Top
0
Top
Love Love
0
Love

Ternyata Cara Mandi Wajib Kita Selama Ini Salah, Beginilah yang Benar!

log in

Become a part of our community!
Belum daftar? Klik
Daftar

reset password

Back to
log in

Daftar

Join NULIS Community

Back to
log in